Jumat, 12 Juni 2015

Makalah Karya Seni Kriya Mancanegra

Filled under:

KARYA SENI KRIYA MANCANEGARA


Seni kriya di beberapa Negara memiliki fungsi yang sama, yaitu lebih mengutamakan segi fungsi guna. Namun, di samping itu tidak lepas dari keindahan dan unsur kenyamanan serta rajin dalam penggarapannya.

A.   
Mengenal Karya Seni Kriya Mancanegara
Seni kriya merupakan salah satu bagian atau jenis seni rupa. Untuk mengenal seni kriya mancanegara, kita perlu mengenal perkembangan dan corak karya seni yang ada di beberapa Negara.

1.   
Sejarah Perkembangan Seni Rupa Dunia
Secara kronologis, sejarah perkembangan seni rupa Negara – Negara di dunia dapat dikelompokkan berdasarkan masa atau zamannya.

a.   
Seni Rupa Timur Purba :
Ø Seni rupa Mesir
Ø Seni rupa Mesopotamia
Ø Seni rupa Mediterania

b.    Seni rupa Eropa Klasik :
Ø Seni Yunani
Ø Seni Romawi

c.      Seni rupa Abad Pertengahan :
Ø Seni rupa masa pembentukkan (500-1000 M)
Ø Seni rupa masa gemilang (1000-1300 M)
Ø Seni rupa masa kemunduran (1300-1500 M)

d.    Seni rupa Renaissance :
Ø Seni rupa Renaissance
Ø Seni rupa klasik
Ø Seni rupa Racocco

B.    Hasil Karya Seni Kriya Mancanegara
 Berikut ini beberapa seni rupa atau kriya di mancanegara:

1.    Seni Kriya Eropa
Perkembangan seni rupa Eropa atau Barat secara garis besar menurut Bernard S Myers dikelompokkan menjadi 3 bagian, yaitu :
  • Seni rupa primitif
  • Seni rupa klasik
  • Seni rupa modern
     Menurut pendapat ahli hukum seni rupa barat pada dasarnya bersumber dari zaman Yunani dan Romawi yang sering disebut zzaman Klasik. Seni Budaya Yunani tersebut dibawa ke Eropa Barat melalui Roma. Berikut ini hasil karya seni kriya yang berasal dari Eropa :
·       Seni Bangunan

The Tower of Babel

The Tower of Babel(1563), by Flemish artist Pieter Bruegel the Elder, adalah lukisan minyak di atas kayu. Artis memilih untuk mengatur menara di Belgia daripada di dataran Mesopotamia, yang merupakan lokasi dari menara menurut Alkitab. Pembangunan lengkungan-lengkungan dalam-versi Bruegel tentang menara ini diambil dari studi artis dari Colosseum di Roma.


Istana
Ø  Dikelilingi tembok raksasa (alasan geografis dan keamanan)
Ø  Dikelilingi parityang luas
Ø  Dibuat diatas dataran yang ditinggikan
Ø  Mempunyai menara penjaga (benteng)
Ø  Mewah dengan hiasan-hiasan (tiang tempel dengan alas tiang berbentuk singa yang berjalan)
Ø  Tiang-tiang pendukung atap tidak ada, kecuali tiang tempel
Ø  Menggunakan atap yang rata dan lengkung


Zigurat
Zigurat adalah bangunan bertingkat yang mengesankan sebuah menara, dengan tang melilit keatas. Dibagian permukaan dihiasi. Fungsi dari zigurat ini yaitu: sebagai kuil Dewa Marduk, dan sebagai observatorium. (Zigurat, Raja Urnammu, di Ur Irak, 2100 SM)




·       

 Stele

Tugu batu yang dipahat, bentuknya seperti obelisk (Mesir), menhir (Prasejarah)
Fungsi: sebagai tugu peringatan
Stelle NaramsinTugu dengan relief peperangan yang dimenangkan oleh Naramsin. Penggambaran raja dengan ukuran lebih besar berdasarkan perinsif yang sama dengan relief Mesir.


· 












    
Seni Patung

Patung raja Tello, Gudea
(kaku, kepala bulat)
Patung raja Nebukad Nezar
(naif ekspresif)
Penjaga ambang
(dekoratif)














Ø  Diawali dengan sifat kaku/primitif/naif ekspresif
Ø  Perkembangan selanjutnya menjadi realistis
Ø  Proporsi tubuh yang kaku
Ø  Otot-otot tubuh yang dilebihkan
Ø  Dekoratif (amakhluk penjaga ambang)
Ø  Kepala mendekati bola (bulat)
Ø  Kubistis

·      
Seni Relief
Relief terdapat dalam istana, stelle, materai, dan benda kerajinan. Contoh: Istana Sargon di Karsabad, Stelle Naramsin,dan Stelle Hamurabi (kerajaan lama).

2.    Seni Kriya India
Hasil karya seni diantaranya patung patung agama hindu dan patung budha, relief epos Ramayana dan Mahabrata pada dinding candi serta beberapa lukisan, kerajinan dan hiasan yang bercorak hindu dan budha.
Seni rupa India memiliki ciri-ciri :
Ø Seni agama, seni sebagai kebaktian agama baik seni hindu maupun budha.
Ø Kaidah-kaidah seni mempunyai misi sebagai alat mengabdikan pada kekuasaan raja.
Ø Seni sebagai suatu perlambang
Berikut ini hasil karya seni kriya asal Negara India :
CLAY CRAFTS
Tembikar telah disebut lirik kerajinan karena daya tariknya tak tertahankan dan universal. Tembikar biru populer tetapi agak tidak biasa dari Jaipur diperkenalkan dari Persia pada pertengahan abad ke-19. Varietas lain yang menarik dari tembikar
adalah tembikar Pokran, yang menggabungkan bentuk cetakan yang indah dengan pola geometris yang menarik.









Tekstil 


Tekstil di India berasal dari lembah sungai Indus, daerah yang sangat subur. Dari lembah sungai Indus ini masyarakat India memulai menenun, membuat pakaian dan
kain. Masyarakatnya menggunakan alat tenunan rumahan untuk menenun pakaian.



Bordir
Kasuti: Ini adalah khas daerah Dharwar dari Karnataka. Kasuti adalah benang bordir halus tunggal dilakukan pada handloom sari. Hal ini dilakukan dalam dua gaya yang disebut gavanti dan murgi dan memiliki berbagai motif yang terdiri dari kuil, burung-burung merak, gajah, pohon-pohon berbunga dan bentuk-bentuk geometris yang tersebar di seluruh sari.





Rabari Art: Ini adalah sebuah karya bordir khas suku nomaden Rabari dari wilayah Kutch. Motif bordir umumnya unta, penggemar kerajaan, gajah, kalajengking dan air perempuan bantalan.








Phulkari:
 The phulkari Punjab bersifat spektakuler. Kata itu berarti berbunga dan menciptakan permukaan bunga. Anehnya, jahitan sendiri adalah penjerumat sederhana seperti damask, dilakukan baik dengan menghitung benang atau dengan hati-hati, karena miss tunggal dapat merusak seluruh pola




3.    Seni Rupa Jepang     
Perkembangan seni rupa jepang tidak dapat terlepas dari pengaruh atau factor-faktor keadaan alam yang vulkanik dan letak geografis, peranan karakter (watak) bangsa, dan peranan agama dan politik serta social.
Rintisan seni rupa Jepang, antara lain melalui proses :
Ø Zaman peniru seni china
Ø Zaman pengelolaan unsur-unsur china
Ø Zaman penguasaan seni china
Ø  Zaman renaissance tradisi seni china
Berikut ini sebagian hasil karya seni kriya dari Jepang ;

Jepang tembikar dan porselin

Keramik Jepang banyak catatan sejarah nama potter dibedakan, dan beberapa seniman-tembikar, misalnya, Honami Koetsu, Ogata Kenzan, dan Aoki Mokubei . Di sisi lain, keramik cina sejarah jarang mencatat tembikar, kecuali di antara Yixing ware. Kiln anonim Jepang juga telah berkembang selama berabad-abad, dan pengaruh mereka dengan yang berat dari para pembuat tembikar. Khas jepang lain aspek seni popularitas yang terus tinggi dipecat unglazed periuk bahkan setelah porselen menjadi populer. Sejak abad ke-4, tembikar dan porselen Jepang sering dipengaruhi oleh orang Cina,

Oribe ware
piring dengan tutupnya, awal abad
ke-17

























Ware Nabeshima
             hidangan, ca. 1690-1710 1690-1710













Ø Jomon kapal dengan api-seperti ornamen, 3000-4000 SM
Ø Shigaraki jar, abad ke-16
Ø Ekspor Imari, ca. 1700–1750
Ø Nonomura Ninsei, pola pinus teh jar, ca. 1660–70
4.    Seni Rupa China
China sudah dikenal sebagai bangsa yang berbudaya tinggi sejak zaman kuno sebelum Masehi. Peninggalan yang terkenal sebagai contoh karya seni bangun raksasa adalah berupa The Greet Wall (Tembok Besar China) merupakan pagar tembok raksasa yang termasuk keajaiban dunia.Masuknya agama budha ke china tahun 60 SM membawa pengaruh seni india pada kesenian china. Pembangunan pagoda-pagoda, seni kriya,seni keramik berkembang pesat pada masa ini.
5.    Seni Rupa Mesir
Mesir sudah dikenal peradaban seni budayanya yang maju sejak zaman kuno ribuan tahun sebelum masehi.
Peninggalan seni rupa yang terkenal adalah seni bangun :
·       Piramida

Piramida Bertangga (Step Pyramid), RajaZoser di Sakarah, pharaoh Mesir dari 2630 sampai 2611 B.C. (Microsoft® Encarta®, 2005)


Piramida Cheops, tinggi 146 m, panjang di sisi bawah 230 m, areal 52.900 meter persegi, 2.3 juta buah batuan. dibangun dinasti ke-4 sekitar tahun 2.000 SM, oleh Raja Cheops/Khufu

Piramida Yang dibengkokkan, dibangun masa pemerintahan Raja Sneferu ( 2575 BC-2551 BC). Awalnya arsitek membangun dinding dengan sudut 55 derajat, Kemudian mereka temu permasalahan struktural hingga dilanjutkan menjadi 43 derajat tingkat. (Microsoft® Encarta®, 2005).


4000 tahun usia, Sphinx (patung manusia berbadan singa), Giza Yang besar adalah lencana yang terkenal dari Mesir masa lampau. (Microsoft® Encarta® , 2005).



·       Kuil Saji

Kuil Abu Simbel, sekitar 1250 BC dibangun oleh Pharaoh Mesir Ramses II, di Mesir selatan. Didepan pintu masuk -keluar kuil berdiri masiv empat patung Raja Ramses II yang sedang duduk.





Kuil Ratu Hatshepsut, Penguasa Mesir tahun 1400s BC. Funerary nya Kuil adalah dekat Lembah Para raja, di Luxor. (Microsoft® Encarta®, 2005).









Kuil Luxor, berada di timur Sungai Nil, mulai dibangun sekitar tahun 1200s BC untuk menghormati para dewa. Bangunan Kuil ditambahkan ke atas oleh masing-masing dinasti. Di depan terdapat tugu (obelist)dan patung kolosal. Kuil ini dihubungkan ke Kuil Al Karnak oleh jalan sepanjang 3.5 km. Sepanjang jalan dihiasi dengan beratus-ratus sphinx. Dalam sekali setahun dewa Amon diangkut oleh tongkang dari Al Karnak ke Luxor, pada sebuah festival besar.


Kuil Al Karnak, Kira-kira 1,500 BC. Banyak kuil yang dibangun di Al Karnak, yang paling utama adalah dibuat oleh Thutmose III, yang menguasai Mesir 1400s BC. Tulisan Hieroglyphs pada dinding kuil menceritakan peristiwa tentang kehebatan militer Thutmose's dalam memperluas kerajaan Mesir hingga Asia dan Afrika


Hypostyle Hall (Ruang Hipostilium), Kuil Amon di Karnak, ditunjang oleh 100 tiang, masing-masing tiang tinggi 20 m. Dibangun oleh Ramses II tahun 1200s BC.





·       Patung
















Ø Patung Luxor yang ada di Kuil Thebes, Thebe merupakan ibukota Mesir masa lampau, adalah lokasi Luxor Kuil. (Microsoft® Encarta®, 2005).
Ø Patung Raja Khafre duduk, dari 2500s BC, diukir dari suatu blok batu diorit padat, batu keras dari kerajaan tua Kerajaan di Mesir. Tinggi 165 cm ( 66) tinggi dan adalah suatu diidealkan penyajian raja, dengan bentuk geometris kuat dan proporsi dramatis. (Microsoft® Encarta®, 2005).















Ø Patung Dewi Selket, yang ditemukan pusara Raja Tutankhamun Mesir. dewi yang menyembuhkan menggigit dan sengat, dilukiskan sebagai perempuan indah dengan suatu kalajengking pada [atas] kepala nya. Helaian emas adalah dibuat oleh menempa emas padat yang metal sangat tipis.
Ø Dewi Kucing Perunggu ini menggambarkan dengan menatah blue-glass memandang biji dari Periode Akhir-Akhirnya Egypt's ( 712-332 BC). [Itu] menunjukkan Kulit pohon dewi yang masa lampau dalam wujud seekor kucing.

·       LUKISAN / PAINTING
Kereta Tempat tidur/alas orang mesir Sebagian dari yang paling awal dan paling merinci contoh mebel sudah selamat sebab mereka telah dipelihara pusara orang mesir masa lampau. Kereta Tempat tidur/alas ini [yang] menirukan seorang sapi adalah dari pusara Raja Tutankhamun. Itu ada di Musium orang mesir di (dalam) Cairo, Mesir. Sumber daya Seni, Ny/Giraudon Microsoft® Encarta® Perpustakaan Acuan 2005



Lukisan Raja Narmer dari Hierakonpolis dibuat pada papan batu. tinggi 62.5 cm dari periode Predynastic Egypt's, Penahan pukulan musuh. Lukisan menggambarkan pemuliaan raja yang digambar lebih besar. (Microsoft® Encarta®, 2005).


·       Relief

Ø  Relief;Pembebasan Orang Mesir, dari 5th Dinasti ( 2465 BC-2323 BC), menunjukkan yang ditinggal mendudukkan pada suatu berbadan tegap [tabel;meja] dengan sesaji makanan.
Ø  Raja Thutmose III datang ke dalam [kuasa/ tenaga] pada ujung pemerintahan wanita [itu] pharaoh Hatshepsut di (dalam) 1458 BC. [Sebagai/Ketika/Sebab] penguasa tertinggi Mesir, Thutmose III menaikkan pada [atas] suatu empire-building kampanye yang memperluas orang mesir mempengaruhi ke dalam Syria, Palestine, dan Phoenicia. Antar konstruksi [yang] penting nya adalah bangunan pada Heliopolis, Memphis, Abydos, dan penambahan kepada kuil pada Al Karnak.
Ø  Aton 18th-dynasty Pharaoh Akhenaton menetapkan dewata Aton sebagai penguasa tertinggi. Relief menunjukan Akhenaton sedang menawarkan sesuatu ke Dewa Aton, yang dilukiskan sebagai matahari. (Microsoft® Encarta®, 2005).
·       OTHER





DAFTAR PUSTAKA


2 komentar:

  1. Making tracks in an opposite direction from the furious life in the city for the most part requires a ton of arranging. You have to take some time off work, make appointments furthermore make sense of what you need to do amid your get-away. All things considered, not any longer. Visit: Day Packages Around Delhi

    BalasHapus