KARYA SENI
KRIYA MANCANEGARA
Seni kriya di beberapa Negara memiliki fungsi yang sama, yaitu lebih mengutamakan segi fungsi guna. Namun, di samping itu tidak lepas dari keindahan dan unsur kenyamanan serta rajin dalam penggarapannya.
A. Mengenal Karya Seni Kriya Mancanegara
Seni kriya merupakan
salah satu bagian atau jenis seni rupa. Untuk mengenal seni kriya mancanegara,
kita perlu mengenal perkembangan dan corak karya seni yang ada di beberapa
Negara.
1. Sejarah Perkembangan Seni Rupa Dunia
Secara kronologis,
sejarah perkembangan seni rupa Negara – Negara di dunia dapat dikelompokkan
berdasarkan masa atau zamannya.
a. Seni Rupa Timur Purba :
Ø Seni rupa Mesir
Ø Seni rupa Mesopotamia
Ø Seni rupa Mediterania
b. Seni
rupa Eropa Klasik :
Ø Seni Yunani
Ø Seni Romawi
c. Seni
rupa Abad Pertengahan :
Ø Seni rupa masa pembentukkan (500-1000
M)
Ø Seni rupa masa gemilang (1000-1300 M)
Ø Seni rupa masa kemunduran (1300-1500 M)
d. Seni
rupa Renaissance :
Ø
Seni
rupa Renaissance
Ø
Seni
rupa klasik
Ø
Seni
rupa Racocco
B. Hasil Karya Seni Kriya Mancanegara
Berikut ini beberapa seni rupa atau
kriya di mancanegara:
1. Seni Kriya Eropa
Perkembangan
seni rupa Eropa atau Barat secara garis besar menurut Bernard S Myers
dikelompokkan menjadi 3 bagian, yaitu :
- Seni rupa primitif
- Seni rupa klasik
- Seni rupa modern
Menurut pendapat ahli hukum seni rupa
barat pada dasarnya bersumber dari zaman Yunani dan Romawi yang sering disebut
zzaman Klasik. Seni Budaya Yunani tersebut dibawa ke Eropa Barat melalui Roma.
Berikut ini hasil karya seni kriya yang berasal dari Eropa :
· Seni
Bangunan
The
Tower of Babel
The
Tower of Babel(1563), by Flemish artist Pieter Bruegel the Elder, adalah
lukisan minyak di atas kayu. Artis memilih untuk mengatur menara di Belgia
daripada di dataran Mesopotamia, yang merupakan lokasi dari menara menurut
Alkitab. Pembangunan lengkungan-lengkungan dalam-versi Bruegel tentang menara
ini diambil dari studi artis dari Colosseum di Roma.
Istana
Ø Dikelilingi parityang luas
Ø Dibuat diatas dataran yang ditinggikan
Ø Mempunyai menara penjaga (benteng)
Ø Mewah dengan hiasan-hiasan (tiang
tempel dengan alas tiang berbentuk singa yang berjalan)
Ø Tiang-tiang pendukung atap tidak ada,
kecuali tiang tempel
Ø Menggunakan atap yang rata dan lengkung
Zigurat
Zigurat adalah bangunan bertingkat yang
mengesankan sebuah menara, dengan tang melilit keatas. Dibagian permukaan
dihiasi. Fungsi dari zigurat ini yaitu: sebagai kuil Dewa Marduk, dan sebagai
observatorium.
(Zigurat, Raja
Urnammu, di Ur Irak, 2100 SM)
·
Stele
Stele
Tugu batu yang
dipahat, bentuknya seperti obelisk (Mesir), menhir (Prasejarah)
Fungsi: sebagai tugu peringatan
Fungsi: sebagai tugu peringatan
Stelle
NaramsinTugu dengan relief peperangan yang dimenangkan oleh Naramsin. Penggambaran
raja dengan ukuran lebih besar berdasarkan perinsif yang sama dengan relief
Mesir.
·
Seni Patung
Seni Patung
Patung raja Tello,
Gudea (kaku, kepala bulat) |
Patung raja Nebukad Nezar (naif ekspresif) |
Penjaga ambang (dekoratif) |
Ø Diawali dengan sifat kaku/primitif/naif ekspresif
Ø Perkembangan selanjutnya menjadi
realistis
Ø Proporsi tubuh yang kaku
Ø Otot-otot tubuh yang dilebihkan
Ø Dekoratif (amakhluk penjaga ambang)
Ø Kepala mendekati bola (bulat)
Ø Kubistis
·
Seni Relief
Seni Relief
Relief
terdapat dalam istana, stelle, materai, dan benda kerajinan. Contoh: Istana
Sargon di Karsabad, Stelle Naramsin,dan Stelle Hamurabi (kerajaan lama).
2. Seni Kriya India
Hasil
karya seni diantaranya patung patung agama hindu dan patung budha, relief epos
Ramayana dan Mahabrata pada dinding candi serta beberapa lukisan, kerajinan dan
hiasan yang bercorak hindu dan budha.
Seni
rupa India memiliki ciri-ciri :
Ø
Seni
agama, seni sebagai kebaktian agama baik seni hindu maupun budha.
Ø
Kaidah-kaidah
seni mempunyai misi sebagai alat mengabdikan pada kekuasaan raja.
Ø
Seni
sebagai suatu perlambang
Berikut
ini hasil karya seni kriya asal Negara India :
CLAY CRAFTS
CLAY CRAFTS
adalah tembikar Pokran, yang
menggabungkan bentuk cetakan yang indah dengan pola geometris yang menarik.
Tekstil
Tekstil di India
berasal dari lembah sungai Indus, daerah yang sangat subur. Dari lembah sungai
Indus ini masyarakat India memulai menenun, membuat pakaian dan
kain. Masyarakatnya menggunakan alat tenunan rumahan untuk
menenun pakaian.
Bordir
Kasuti: Ini adalah khas daerah Dharwar
dari Karnataka. Kasuti adalah benang bordir
halus tunggal dilakukan pada handloom sari. Hal ini dilakukan dalam dua gaya yang disebut gavanti
dan murgi dan memiliki berbagai motif yang terdiri dari kuil, burung-burung
merak, gajah, pohon-pohon berbunga dan bentuk-bentuk geometris yang tersebar di
seluruh sari.
Rabari Art: Ini adalah sebuah karya bordir khas suku nomaden Rabari
dari wilayah Kutch. Motif bordir umumnya unta,
penggemar kerajaan, gajah, kalajengking dan air perempuan bantalan.
Phulkari: The phulkari Punjab bersifat spektakuler. Kata itu berarti berbunga dan menciptakan permukaan bunga. Anehnya, jahitan sendiri adalah penjerumat sederhana seperti damask, dilakukan baik dengan menghitung benang atau dengan hati-hati, karena miss tunggal dapat merusak seluruh pola
3. Seni Rupa Jepang
Perkembangan
seni rupa jepang tidak dapat terlepas dari pengaruh atau factor-faktor keadaan
alam yang vulkanik dan letak geografis, peranan karakter (watak) bangsa, dan
peranan agama dan politik serta social.
Rintisan
seni rupa Jepang, antara lain melalui proses :
Ø Zaman peniru seni china
Ø Zaman pengelolaan unsur-unsur china
Ø Zaman penguasaan seni china
Ø Zaman renaissance tradisi seni china
Berikut
ini sebagian hasil karya seni kriya dari Jepang ;
Jepang tembikar dan porselin
Jepang tembikar dan porselin
Keramik Jepang banyak catatan sejarah nama potter dibedakan, dan beberapa seniman-tembikar, misalnya, Honami Koetsu, Ogata Kenzan, dan Aoki Mokubei . Di sisi lain, keramik cina sejarah jarang mencatat tembikar, kecuali di antara Yixing ware. Kiln anonim Jepang juga telah berkembang selama berabad-abad, dan pengaruh mereka dengan yang berat dari para pembuat tembikar. Khas jepang lain aspek seni popularitas yang terus tinggi dipecat unglazed periuk bahkan setelah porselen menjadi populer. Sejak abad ke-4, tembikar dan porselen Jepang sering dipengaruhi oleh orang Cina,
Oribe
ware
|
Ware
Nabeshima
|
Ø Jomon kapal dengan api-seperti ornamen, 3000-4000 SM
Ø Shigaraki jar, abad ke-16
Ø Ekspor Imari, ca. 1700–1750
Ø Nonomura Ninsei, pola pinus teh
jar, ca. 1660–70
4.
Seni
Rupa China
China
sudah dikenal sebagai bangsa yang berbudaya tinggi sejak zaman kuno sebelum
Masehi. Peninggalan yang terkenal sebagai contoh karya seni bangun raksasa adalah
berupa The Greet Wall (Tembok Besar China) merupakan pagar tembok raksasa yang
termasuk keajaiban dunia.Masuknya agama budha ke china tahun 60 SM membawa
pengaruh seni india pada kesenian china. Pembangunan pagoda-pagoda, seni
kriya,seni keramik berkembang pesat pada masa ini.
5.
Seni
Rupa Mesir
Mesir
sudah dikenal peradaban seni budayanya yang maju sejak zaman kuno ribuan tahun
sebelum masehi.
Peninggalan
seni rupa yang terkenal adalah seni bangun :
· Piramida
Piramida Bertangga (Step
Pyramid), RajaZoser di Sakarah, pharaoh Mesir dari 2630 sampai 2611 B.C.
(Microsoft® Encarta®, 2005)
Piramida
Cheops, tinggi 146 m, panjang di sisi bawah 230 m, areal 52.900 meter persegi,
2.3 juta buah batuan. dibangun dinasti ke-4 sekitar tahun 2.000 SM, oleh Raja
Cheops/Khufu
Piramida Yang dibengkokkan,
dibangun masa pemerintahan Raja Sneferu ( 2575 BC-2551 BC). Awalnya arsitek
membangun dinding dengan sudut 55 derajat, Kemudian mereka temu permasalahan
struktural hingga dilanjutkan menjadi 43 derajat tingkat. (Microsoft® Encarta®,
2005).
4000
tahun usia, Sphinx (patung manusia berbadan singa), Giza Yang besar adalah
lencana yang terkenal dari Mesir masa lampau. (Microsoft® Encarta® , 2005).
· Kuil
Saji
Kuil
Abu Simbel, sekitar 1250 BC dibangun oleh Pharaoh Mesir Ramses II, di Mesir
selatan. Didepan pintu masuk -keluar kuil berdiri masiv empat patung Raja
Ramses II yang sedang duduk.
Kuil
Ratu Hatshepsut, Penguasa Mesir tahun 1400s BC. Funerary nya Kuil adalah dekat
Lembah Para raja, di Luxor. (Microsoft® Encarta®, 2005).
Kuil Luxor, berada di timur
Sungai Nil, mulai dibangun sekitar tahun 1200s BC untuk menghormati para dewa.
Bangunan Kuil ditambahkan ke atas oleh masing-masing dinasti. Di depan terdapat
tugu (obelist)dan patung kolosal. Kuil ini dihubungkan ke Kuil Al Karnak
oleh jalan sepanjang 3.5 km. Sepanjang jalan dihiasi dengan beratus-ratus
sphinx. Dalam sekali setahun dewa Amon diangkut oleh tongkang dari Al Karnak ke
Luxor, pada sebuah festival besar.
Kuil Al Karnak, Kira-kira 1,500
BC. Banyak kuil yang dibangun di Al Karnak, yang paling utama adalah dibuat
oleh Thutmose III, yang menguasai Mesir 1400s BC. Tulisan Hieroglyphs pada
dinding kuil menceritakan peristiwa tentang kehebatan militer Thutmose's dalam
memperluas kerajaan Mesir hingga Asia dan Afrika
Hypostyle
Hall (Ruang Hipostilium), Kuil Amon di Karnak, ditunjang oleh 100 tiang,
masing-masing tiang tinggi 20 m. Dibangun oleh Ramses II tahun 1200s BC.
· Patung
Ø Patung Luxor yang ada di Kuil Thebes, Thebe
merupakan ibukota Mesir masa lampau, adalah lokasi Luxor Kuil. (Microsoft®
Encarta®, 2005).
Ø Patung Raja Khafre duduk, dari 2500s BC, diukir
dari suatu blok batu diorit padat, batu keras dari kerajaan tua Kerajaan di
Mesir. Tinggi 165 cm ( 66) tinggi dan adalah suatu diidealkan penyajian raja,
dengan bentuk geometris kuat dan proporsi dramatis. (Microsoft® Encarta®,
2005).
Ø Patung Dewi Selket, yang ditemukan pusara Raja
Tutankhamun Mesir. dewi yang menyembuhkan menggigit dan sengat, dilukiskan
sebagai perempuan indah dengan suatu kalajengking pada [atas] kepala nya.
Helaian emas adalah dibuat oleh menempa emas padat yang metal sangat tipis.
Ø Dewi Kucing Perunggu ini menggambarkan dengan menatah blue-glass
memandang biji dari Periode Akhir-Akhirnya Egypt's ( 712-332 BC). [Itu]
menunjukkan Kulit pohon dewi yang masa lampau dalam wujud seekor kucing.
·
LUKISAN / PAINTING
Kereta Tempat tidur/alas orang
mesir Sebagian dari yang paling awal dan paling merinci contoh mebel sudah
selamat sebab mereka telah dipelihara pusara orang mesir masa lampau. Kereta
Tempat tidur/alas ini [yang] menirukan seorang sapi adalah dari pusara Raja
Tutankhamun. Itu ada di Musium orang mesir di (dalam) Cairo, Mesir. Sumber daya
Seni, Ny/Giraudon Microsoft® Encarta® Perpustakaan Acuan 2005
Lukisan Raja Narmer dari
Hierakonpolis dibuat pada papan batu. tinggi 62.5 cm dari periode Predynastic
Egypt's, Penahan pukulan musuh. Lukisan menggambarkan pemuliaan raja yang
digambar lebih besar. (Microsoft® Encarta®, 2005).
· Relief
Ø Relief;Pembebasan
Orang Mesir, dari 5th Dinasti ( 2465 BC-2323 BC), menunjukkan yang ditinggal
mendudukkan pada suatu berbadan tegap [tabel;meja] dengan sesaji makanan.
Ø Raja Thutmose III datang ke
dalam [kuasa/ tenaga] pada ujung pemerintahan wanita [itu] pharaoh Hatshepsut
di (dalam) 1458 BC. [Sebagai/Ketika/Sebab] penguasa tertinggi Mesir, Thutmose
III menaikkan pada [atas] suatu empire-building kampanye yang memperluas orang
mesir mempengaruhi ke dalam Syria, Palestine, dan Phoenicia. Antar konstruksi
[yang] penting nya adalah bangunan pada Heliopolis, Memphis, Abydos, dan
penambahan kepada kuil pada Al Karnak.
Ø Aton 18th-dynasty
Pharaoh Akhenaton menetapkan dewata Aton sebagai penguasa tertinggi. Relief
menunjukan Akhenaton sedang menawarkan sesuatu ke Dewa Aton, yang dilukiskan
sebagai matahari. (Microsoft® Encarta®, 2005).
·
OTHER
DAFTAR PUSTAKA
file:///C:/Users/Asus/Documents/Seni%20Kriya%20Nusantara/AgnesIrawatiS%20%20Seni%20Kriya%20India.htm
Making tracks in an opposite direction from the furious life in the city for the most part requires a ton of arranging. You have to take some time off work, make appointments furthermore make sense of what you need to do amid your get-away. All things considered, not any longer. Visit: Day Packages Around Delhi
BalasHapusReally Good Kerala Events Team offering Beach Wedding Event Management services at affordable cost
BalasHapus